Selamat Datang di Dudul.com

Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat,^^

Rabu, 29 Juni 2011

118.233 Calon Mahasiswa Lulus Seleksi

Hasil ujian tertulis dan keterampilan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 siap diumumkan. Sebanyak 118.233 calon mahasiswa tercatat diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN. Pengumuman dilakukan besok, Rabu (29/6), pukul 19.00 WIB melalui situs/website (internet), dan melalui koran yang terbit pada Kamis (30/6).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas, Djoko Santoso, dalam jumpa pers di Gedung D Kemdiknas, Selasa (28/6) menjelaskan, daya tampung seluruh perguruan tinggi negeri tahun berjumlah 119.041. "Berarti terdapat bangku kosong sebanyak 808," ujarnya. Jumlah ini menurun drastis dibandingkan jumlah bangku kosong pada SNMPTN 2010, yaitu sebanyak 4.173 dari total daya tampung 96.684. Kekosongan bangku terjadi karena jumlah pendaftar di program studi tersebut sangat sedikit.

Ketua Panitia SNMPTN 2011, Herry Suhardiyanto mengatakan, ada yang menarik dalam data rekapitulasi hasil SNMPTN. "Ada 154 ribu (peserta) yang nilainya di atas rata-rata nasional tapi tidak diterima di perguruan tinggi negeri," katanya. Jumlah tersebut dinilai cukup besar, mengingat total peserta SNMPTN 2011 berjumlah 540.953 orang.

Herry mengatakan, SNMPTN berbeda dengan ujian nasional. Dalam ujian nasional, ada penetapan passing grade untuk menentukan kelulusan. Sedangkan SNMPTN merupakan ajang perebutan tempat, di mana kecermatan dalam memilih program studi menentukan kelulusan peserta. Mereka yang nilainya di atas nilai rata-rata nasional tetapi tak lolos seleksi, kebanyakan lantaran memilih program studi favorit yang diminati banyak peserta, sehingga tingkat kompetisinya tinggi.

"Sebaiknya peserta melakukan kombinasi pilihan. Pilihan satu ambil yang keketatannya tinggi. Pilihan kedua ambil yang keketatannya rendah. Jangan dua-duanya tinggi," ucap Herry. Rektor Institut Pertanian Bogor ini menambahkan, ada juga peserta yang pilihan pertamanya memiliki keketatannya lebih rendah daripada pilihan kedua.

Secara keseluruhan, proses seleksi jalur ujian tertulis SNMPTN 2011 berjalan dengan baik. Namun ada yang menjadi hambatan dalam pendaftaran, yaitu kurang telitinya peserta saat mendaftar secara online. Ada peserta yang hanya membeli pin, namun tidak melakukan pendaftaran, karena mengira pin tersebut sebagai nomor ujian. "Jadi mereka datang langsung ke lokasi ujian dengan pin," tutur Herry. Padahal seharusnya setelah membeli pin, mereka menggunakan pin tersebut untuk mendaftar sebagai peserta. Herry menyayangkan hal ini karena peserta tidak membaca dengan teliti laman online pendaftaran.
 Sumber:
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/6/28/snmptn.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar