Selamat Datang di Dudul.com

Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat,^^

Jumat, 01 Juli 2011

Lolos dari Lubang Jarum

Ratusan ribu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 mengecek hasil ujian mereka. Dari total 540.943 peserta ujian tulis SNMPTN, 118.233 di antaranya dinyatakan lulus. Ibarat seleksi lubang jarum, SNMPTN menyaring hanya sekira 21 persen calon mahasiswa yang berhak menempuh pendidikan di 60 kampus perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Para mahasiswa baru ini akan belajar di ratusan program studi (prodi) yang ditawarkan kampus-kampus tersebut. Dari jumlah yang lulus itu, 56.856 di antaranya mengambil prodi pada kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 61.377 meminati jurusan di kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Ke-60 kampus menyediakan daya tampung 119.041 kursi. Ini berarti, ada 808 bangku kosong. Meski jumlah tersebut jauh menurun dibandingkan tahun lalu, yang mencapai sekira 4.000 bangku kosong, fakta ini menunjukkan masih ada anggapan prodi tertentu favorit dan lebih baik dari prodi lainnya.

Selain itu, tahun ini, ada sekira 150 ribu siswa cerdas yang tidak berhasil lulus SNMPTN. Mereka meraih nilai tinggi pada ujian tulis SNMPTN akhir Mei lalu. Namun, karena pilihan prodi mereka mengikuti persepsi jurusan populer dan populer tadi, impian duduk di bangku PTN idaman pun pupus.

Mereka yang tidak lulus dan masih meminati PTN bisa menempuh ujian mandiri yang diselenggarakan berbagai kampus negeri usai pelaksanaan SNMPTN. Ada juga yang memilih menunggu sembari kembali mengikuti bimbingan intensif untuk mempersiapkan diri sebagai peserta SNMPTN tahun depan. Namun, tidak sedikit pula yang menjatuhkan pilihan pada perguruan tinggi swasta (PTS), mengingat kualitas PTN dan PTS saat ini tidak jauh berbeda.

Kebahagiaan yang dirasakan para lulusan SNMPTN sebaiknya tidak lantas berlarut dalam euforia. Begitu pula mereka yang tidak lulus. Kekecewaan sebaiknya tidak melarutkan semangat untuk menempuh pendidikan pada jenjang lebih tinggi. Kini, saatnya menyusun rencana dan meraih cita-cita. Selamat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar