Selamat Datang di Dudul.com

Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat,^^

Jumat, 01 Juli 2011

Kuliah di Luar Negeri?

Memang menyenangkan bagi kamu yang berkesempatan kuliah di luar negeri. Banyak pengalaman baru yang akan didapat. Tetapi, sebelum memutuskan melanjutkan studi di luar negeri, pertimbangkan beberapa hal berikut, seperti dilansir BBC.

Apakah gelarmu diakui di negara tujuan?

Sebelum meneruskan kuliah di kampus asing, pastikan gelar yang sudah kamu terima di Tanah Air diakui di kampus tujuanmu.

Rencanakan keuangan

Buatlah perencanaan keuangan dengan detail, pertimbangkan juga kurs mata uang yang akan kamu pakai dengan rupiah. Siapkan juga cadangan untuk biaya keperluan yang tidak terduga. Bisa saja kamu ingin berlibur ketika di tempat baru, kan?

Asuransi kesehatan
Beberapa negara menawarkan asuransi kesehatan. Tapi kamu mungkin perlu juga menyiapkan asuransi kesehatan yang tidak dikelola pemerintah.

Imigrasi
Pastikan kamu memiliki paspor yang masih berlaku dalam dua tahun. Jangan lupa pula untuk memperpanjang visamu.

Tempat tinggal
Rencanakan tempat tinggalmu untuk tahun pertama kuliah, dan berapa biaya yang kamu butuhkan. Jangan malas mencari tahu dan membahas berbagai kemungkinan tempat tinggal.

Kelola keuangan
Kebanyakan, membuka rekening mahasiswa di sebuah negara adalah pilihan paling mudah. Tapi, kamu akan membutuhkan alamat tinggal di negara tujuan ketika akan membuka satu rekening. Jangan lupa untuk mengecek tarif internasional untuk biaya kartu ATM dan transfer.   

Persiapkan administrasi
Pastikan kamu telah membawa semua dokumen yang dibutuhkan seperti akta kelahiran, ijazah, dan transkrip nilai. Buatlah beberapa kopi atas semua dokumen tersebut, serta selalu sedia pasfoto.

Komunikasi
Cari cara paling efektif dan efisien untuk tetap berhubungan dengan keluarga di Tanah Air. Kamu bisa membuat akun Skype dan memperbaharui pengaturan roaming di ponselmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar